Kamis, 25 Juli 2019

Pengertian Akuntansi

      Akuntansi (accounting) sering disebut sebagai bahasa dunia usaha (the language of business). Karena akuntansi dikatakan sebagai bahasa dunia usaha maka sebagai akibat dari perubahan dan perkembangan  kegiatan ekonomi dan sosial dalam masyarakat, bahasa tersebut juga mengalami perkembangan dan semakin kompleks. Informasi akuntansi sangat diperlukan guna mengambilkan keputusan agar pendistribusian sumber - sumber ekonomi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Oleh Karena itu, akuntansi juga memegang peranan yang penting dalam kehidupan perekonomian suatu negara.
     Defenisi yang dikemukakan oleh American institute of Certified Public Accountants (AICPA) sebagai berikut:
     " Akuntansi ialah suatu seni pencatatan, pengelompokan, dan pengikhtisaran menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai uang, segala transaksi dan kejadian yang sedikit - sedikitnya bersifat keuangan dan kemudian menafsirkan hasilnya."
      Sebenarnya pengertian akuntansi lebih dari itu. AKuntansu juga berhubungan dengan pelaporan, penafsiran dari data tersebut, dan pengambilan keputusan. Seperti yang dikemukakan oleh American Accounting Association (AAA), yang artinya ".... Proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut."
      Berdasarkan uraian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa arti akuntansi dapat dilihat dari dua sudut, yaitu proses  kegiatannya dan kegunaannya.
Proses kegiatan yang dilaksanakan akuntansi yaitu;
a. Mengidentifikasikan data yang relevan  untuk suatu keputusan yang akan dibuat
b. memproses atau menganalisis data, dan
c. memindahkan data tersebut ke dalam bentuk informasi yang dapat dipergunkan sebagai alat pembuat keputusan.
Kegunaan akuntansi, meliputi;
a. Perencanaan, pengendalian, dan sebagai dasar untuk membuat keputusan bagi manajemen.
b. memberikan pertanggungjawaban kepada pihak - pihak luar perusahaan untuk mengambil keputusannya masing - masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar