Rabu, 31 Juli 2019

Pendapatan Perkapita

1. Pengertian dan Kegunaan Pendapatan Per Kapita
a. Pengertian Pendapatan Per Kapita
    Pendapatan Perkapita adalah pendapatan rata - rata penduduk suatu negara. variabel yang digunakan untuk menghitung pendapatan per kapita adalah Produk Domestik Bruto (Pendapatan Nasional) dan jumlah penduduk. Secara matematis, rumus perhitungan pendapatan per kapita adalah sebagai berikut;







b. Kegunaan Perhitungan Pendapatan Per Kapita
    Sebagai Indikator ekonomi yang mengukur tingkat kemakmuran penduduk suatu negara, pendapatan per kapita dihitung secara berkala, biasanya satu tahun. manfaat dari perhitungan pendapatan perkapita adalah sebagai berikut:
(1) Digunakan umtuk melihat tingkat perbandingan kesejahteraan masyarakat suatu               negara dari tahun ke tahun
(2) Menjadi data perbandingan tingkat kesejahteraan suatu negara dengan negara lain
(3) Menjadi perbandingan tingkat standar hidup suatu negara dengan negara lainnya.
(4) Menjadi data untuk mengambil kebijakan dibidang ekonomi

2. Hubungan pendapatan Nasional, Penduduk, dan Pendapatan per Kapita
    Jika pendapatan nasional sebuah negara tinggi, tetapi jumlah penduduk besar, pendapatan perkapita akan rendah, sebaliknya walaupun pendapatan nasional rendah, tetapi jumlah penduduk kecil, pendapatan perkapita mungkin tinggi. Jadi tinggi rendahnya pendapatan perkapita dipengaruhi oleh jumlah pendapatan nasional dan jumlah penduduk.

3. Perbandingan pendapatan Per Kapita
    JIka dibandingkan dengan Negara ASEAN, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki pendapatan per kapita menengah. Pengelompokkan yang dilakukan Bank Dunia atas negara - negara didunia berdasarkan pendapatan perkapitanya. Menurut Bank Dunia, negara - negara di dunia ini dibagi atas empat kelompok, yaitu sebagai berikut:
a. Kelompok negara berpendapatan rendah (< $1.045)
b. Kelompok negara berpendapatan menengah bawah ($1.046 - $4.125)
c. Kelompok negara berpendapatan menengah tinggi ($4.126 - $ 12.736)
d. Kelompok negara berpendapatan tinggi (>$12.736)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar