Sabtu, 02 Maret 2019

Pasar Output

Jenis - Jenis Pasar Output
1.  Pasar Persaingan Sempurna
     Pasar Persaingan Sempurna adalah pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penjual yang menjual barang yang sama, sehingga tidak ada pihak yang bisa mempengaruhi harga. sebagai akibatnya, penjual tidak bisa seenaknya menentukan harga. karena ketidakmampuan menentukan harga pasar, kedua bela pihak disebut sebagai penerima harga (price taker).

Ciri - ciri Pasar Persaingan Sempurna
1. Jumlah Penjual dan pembeli banyak
2. Produk yang dijual bersifat homogen
3. Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar.
4. Pembeli dan penjual tahu keadaan pasar dengan sempurna.
5. Distribusi produk relatif Lancar

2.  Pasar Persaingan tidak sempurna
  
a.  Pasar Monopoli
     Pasar monopoli merupakan pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan barang dan jasa sehingga pembeli tidak bisa mendapatkan substitusinya. contohnya PLN (Perusahaan Listrik Negara)
Ciri - ciri pasar pasar monopoli.
1.  Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
2.  tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna
3.  perusahaan lain sulit memasuki pasar
4.  Harga ditentukan oleh penjual
5.  Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang

b.  Pasar Oligopoli
      Oligopoli dapat didefinisikan sebagai kondisi pasar dimana hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. contohnya pasar mobil, motor, dan pembuatan pesawat terbang.
Ciri - ciri Pasar Oligopoli
1.  terdapat beberapa penjual
2.  barang yang dijual homogen atau beda corak
3.  sulit dimasuki perusahaan baru
4.  membutuhkan peran iklan
5.  terdapat satu market leader (pemimpin pasar) harga jual tidak mudah berubah
  
c.  Pasar Persaingan Monopolistik
     Contoh pasar Persaingan Monopolistik adalah pasar novel, kartu ucapan, film, kaset, CD atau permainan komputer (game)
Ciri - ciri pasar persaingan Monopolistik
1.  terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak dalam pasar persaingan sempurna
2. Terdapat diferensiasi (perbedaan produk)
3. penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
4. terdapat persaingan yang ketat dalam kualitas dan iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar