Sabtu, 11 April 2015

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Laporan Keuangan merupakan proses paling akhir dalam sebuah siklus akuntansi pada suatu perusahaan. laporan inilah yang nantinya akan digunakan oleh pemakai laporan keuangan sebagai salah satu sumber informasi untuk pengambilan keputusan yang bersifat ekonomi dan hendaknya disusun secara baik dan benar sesuai dengan standar yang berlaku. laporan keuangan untuk suatu perusahaan adalah sebagai berikut:

1) Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan rincian pendapatan dan beban dari suatu perusahaan selama satu periode akuntansi.Laporadapan Keuangan data diambil dari kolom Laba Rugi yang terdapat dalam Kertas Kerja untuk kolom kredit merupakan pendapatan dan kolom debet merupakan beban.
Penyajian laporan laba Rugi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu single Step (Langsung) dan Multiple Step (Bertahap).
Skema dalam bentuk Single Step
                 Perusahaan .......
                Laporan Laba Rugi
               Per 31 Desember .....
-----------------------------------------------       
Pendapatan                              Rpxxx
Beban                Rpxxx  
Beban                Rpxxx       
Jumlah Beban                           (Rpxxx)
Laba/Rugi                               Rpxxx

Catatan;
  1. Laba → Apabila Pendapatan lebih besar dari pada beban
  2. Rugi → Apabila Pendapatan lebih kecil dari pada beban 
2) Laporan Perubahan Modal
Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan tentang perubahan modal selama satu periode akuntansi.
Laporan Perubahan Modal terdiri atas unsur - unsur sebagai berikut:
  1. Modal Awal periode Akuntansi 
  2. Laba bersih atau rugi bersih(berasal dari Laporan L/R) 
  3. Pengambilan Pribadi (prive) pemilik
  4. Modal Akhir dari periode akuntansi
Data laporan Perubahan Modal diambil dari kertas kerja kolom neraca, serta memperhitungkan Laba/Rugi dalam Laporan Laba Rugi.
Sekemanya Sebagai Berikut:
          Perusahaan.....
     Laporan Perubahan Modal
      Per 31 Desember .....
 ----------------------------------
Modal Awal                  Rpxxx
Laba/Rugi          Rpxxx
Prive              Rpxxx +/-
Kenaikan/penurunan modal    Rpxxx +/-

Modal Akhir                 Rpxxx 

Catatan:
1. Ada laba dan Prive maka selisihkan, jika
  • Laba > Prive maka menambahkan modal awal
  • Laba < Prive maka mengurangi modal awal
2. Ada Rugi dan Prive maka ditambahkan dan akan mengurangi modal 
   awal 

3) Neraca
Neraca adalah suatu bentuk laporan keuamgan yang menyajikan informasi mengenai Posisi Keuangan perusahaan yang terdiri atas aktiva, utang dan ekuitas (modal) suatu perusahaan pada periode akuntansi. untuk menjaikannya, laporan keuangan ada dua bentuk yaitu Bentuk Laporan (Report form) dan Bentuk Akun (Account form)
Skemanya:
                          Perusahaan....
                            Neraca
                        Per 31 Desember...



HartaUtang dan Modal
Harta Lancar       Rpxxxx      Jumlah utang        Rpxxx      
Harta TetapRpxxxModal AkhirRpxxx
Jumlah Aktiva Rpxxx Jumlah Pasiva Rpxxx

Catatan Jumlah Aktiva harus sama dengan jumlah Pasiva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar